Selasa, 14 Juni 2011

Yeah, I'm a Tennis Lover Now!!!!!!!

Dahulu, sejak kecil aku senang sekali dengan bulu tangkis, walaupun sampai sekarang. Aku baru mendalami permainan tennis akhir-akhir ini saja, itupun karena adikku yang sangat mencintai permainan tersebut sejak dulu. Hal ini dimulai dari adanya pertandingan Grand Slam France Open Rolland Garros yang baru-baru ini selesai, adikku menontonnya mulai dari penyisihan sampai final, pertandingannya satu bulan penuh, dari siang sampai malam. Kebetulan, karena tv yang dipasangi saluran tv kabel hanya satu, jadilah aku ikut menoton tennis tersebut dengan ayah dan adikku (ayahku memang mengikuti hampir seluruh cabang olah raga). Nah, itulah akhirnya aku baru mendalami permainan berhadiah mahal ini, karena setiap menonton adik dan ayahku menanamkan banyak hal tentang tennis :) Berikut beberapa hal yang aku pelajari mengenai tenis (ala newbie).

Lapangan Tenis

Lapangan tenis dibagi menjadi tiga segi: sebuah segi belakang dan dua segi depan (untuk service). Lapangan dan beberapa seginya dipisahkan dengan gatis-garis putih yang merupakan bagian dari lapangan tempat bermain tenis. Sebuah bola yang dipukul di luar lapangan (meski tidak menyentuh garis) dikatakan telah keluar dan memberi lawan nilai.

Teknik Bermain
1. Forehand: Pukulan di mana telapak tangan yang memegang raket menghadap ke depan.
2. Backhand: Pukulan di mana punggung tangan yang memegang raket menghadap ke depan.
3. Slice: Pukulan backhand atau forehand dengan cara raket dimiringkan sedikit lalu dipukul.
4. Spin: Pukulan backhand atau forehand dengan cara raket dimiringkan yang jika pukulannya terkena bola, maka bolanya akan berubah arah (berputar).
5. Smash: Pukulan keras yang diarahkan langsung ke lapangan lawan. 
6. Dropshot: Pukulan yang mengenai net lalu jatuh di lapangan lawan.
7. Ace: Servis yang dilakukan pemain di mana servis itu masuk dan tidak bisa dikembalikan lagi oleh pemain lawan.
8. Rally: Kedua pemain saling mengembalikan bola dalam jangka waktu lama.

Turnamen
Berikut beberapa turnamen besar yang biasanya diikuti oleh petenis-petenis nomor wahid di dunia.
1. Grand Slam Australia Open
2. Grand Slam US Open
3. Grand Slam Wimbledon
4. Grand Slam France Open (Roland Garros)
5. Piala Davis

Ketertarikanku adalah ketika melihat bahwa ternyata bermain tennis tidaklah semudah melihatnya. Dengar saja para pemain tennis itu memukul bola, biasanya disertai dengan suara teriakan atau keluhan yang biasanya dikarenakan tenaga yang mereka keluarkan saat memukul bola. Selain itupula, hadiah yang diperebutkan benar-benar besar, tidak seperti bulu tangkis.  Apalagi jika menonton petenis-petenis wanita, bagaikan melihat peragaan busana atau manequin wanita karena biasanya mereka sangatlah cantik dan berpostur badan sempurna, disertai dengan pakaian dan aksesoris yang membuat mereka tetap modis walau sedang bertanding di lapangan.

Ini dia pemain tenis yang kukagumi, Roger Federer. Si pemegang gelar 16 Grand Slam dan dianugerahi predikat pemain terbaik sepanjang masa ini benar-benar membuatku terpana, haha. Menurutku permainannya sangat tenang, sama seperti Hendrawan, pemain bulu tangkis favoritku dari Indonesia. Jadi ibarat diam-diam menghanyutkan. Bermain dengan tenang dan penuh karisma, tidak seperti pemain tenis lain yang terkadang terlalu berlebihan dalam bermain atau melakukan tindakan-tindakan aneh selama permainan berlangsung, Federer sangat tenang. Sekarang dia sudah mengalami penurunan, tapi siapa tahu apa yang akan dia lakukan untuk mempertahankan gelarnya kan!!! Terakhir kulihat aksinya di Roland Garros, servisnya sungguh mematikan. Aku harap dia bisa kembali menang di Grand Slam Wimbledon yang akan berlangsung sebentar lagi :))


Mungkin baru sedikit pengetahuanku tentang permainan ini, tapi jangan khawatir, aku akan terus mengikuti perkembangannya dimulai dengan kembali duduk manis di depan tv mengikuti pertandingan-pertandingan Grand Slam Wimbledon yang akan dilakukan pada bulan ini. Hahahaha!!!! Go Federer!!!!!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

© What Will Geget Say | Blogger Template by Enny Law